Senin, 15 November 2010

Economy - Strategi Pemasaran



Konsumen Anda Juga Bisa Kabur
Minggu, 17 Oktober 2010 - 10:31 wib
text TEXT SIZE :
Tung Desem Waringin Foto: Dahsyat.com

APAKAH anda menggunakan browser Internet Explorer (IE) dalam setiap aktivitas koneksi internet Anda ? Berapa lama Anda telah menggunakannya ?

Mungkin sebagian dari Anda hingga saat ini masih menggunakannya .Apakah anda pernah juga menggunakan browser yang lainnya, seperti Firefox atau Google Chrome ? IE memang merupakan salah satu browser yang sudah banyak dikenal orang sejak beberapa tahun lalu.

Namun, kini Firefox maupun Google Chrome juga mulai masuk untuk meramaikan persaingan browser. Ternyata, kedua browser tersebut juga mampu menarik banyak perhatian para pengguna internet di Indonesia. Bahkan, tidak sedikit orang yang dulu menggunakan IE, sekarang mulai mencoba-coba menggunakan browser yang lain.

Tidak sedikit pula yang akhirnya bukan hanya coba-coba lagi,namun telah menggunakan salah satu dari kedua browser tersebut untuk setiap kali mereka terhubung dengan internet. Dalam dunia marketing, memang bisa terjadi suatu pergeseran dalam dominasi pangsa pasar.

Oleh karena itu, dalam bentuk bisnis apa pun, meski kita sudah menjadi market leader, tetap diperlukan suatu strategi yang lebih dahsyat secara terus menerus sehingga bisa mencegah ”kaburnya” konsumen. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah konsumen kita kabur, atau setidaknya meminimalisasi hal tersebut. Di antaranya, senantiasa mengikuti perkembangan keinginan konsumen secara rutin dan lebih detil.

Menurut saya,mengetahui dan memiliki detail karakter atau keinginan target market dan konsumen kita merupakan hal yang sangat penting karena bisa dijadikan salah satu acuan bagaimana sebaiknya kita melakukan berbagai pengembangan yang sesuai dengan keinginan sebenarnya konsumen kita.

Bisa saja terjadi, kita bermaksud melakukan pengembangan untuk peningkatan kualitas produk/jasa kita,namun fakta di lapangan, konsumen malah merasa kurang bahkan tidak nyaman dengan perubahan yang kita lakukan.

Contohnya, ada suatu perusahaan yang ingin memperbaiki website-nya dengan menambah berbagai menu atau tampilan lain namun yang terjadi justru konsumen merasa tambahan-tambahan tersebut memperlambat mereka saat membuka website, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengakses menu-menu yang ada, atau bahkan menimbulkan crash yang tidak diinginkan.

Dalam hal ini, sangat penting untuk menjaga komunikasi yang lebih dekat dengan para konsumen sehingga kita bisa dengan lebih cepat mendapat umpan balik (feedback) dari konsumen atas perbaikan yang kita lakukan.

Dengan begitu, kita bisa terus melakukan perbaikan yang tentunya juga semakin menyenangkan dan mempermudah para konsumen. Selanjutnya, berikan lebih banyak kemudahan dibanding yang lainnya ( juga tentunya dibanding kompetitor). Baik itu kemudahan dalam pelayanan, kemudahan dalam transaksi, dan sebagainya.Hal ini penting, supaya semakin lama konsumen semakin merasa nyaman dengan produk/ jasa kita sehingga enggan untuk mencoba atau bahkan beralih ke produk/jasa yang lain.

Mengapa harus mencoba-coba yang lain? Bertahun-tahun lamanya hingga kini semua lancar-lancar saja, pelayanannya juga semakin bagus, penambahan fiturnya juga mempermudahsaya, fasilitas dan kualitasnya juga semakin bagus, hampir semuanya tidak ada masalah, sehingga tepat kiranya jika saya tetap menyukainya hingga kini. Itulah respons yang tentunya kita inginkan dari para konsumen kita.

Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan secara rutin memberikan penawaran-penawaran yang benar-benar menarik, terutama dibandingkan dengan penawaran yang diberikan oleh Kompetitor Anda.(silakan baca buku Marketing Revolution saya, banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat penawaran Anda menjadi sangat menarik bagi konsumen Anda) Berikutnya,selain memberikan pelayanan yang optimal, termasuk layanan purnajualnya yang memuaskan, berikan pula pengembangan kualitas produk dan jasa Anda yang sesuai dengan keinginan target market Anda.

Berikan garansi yang meyakinkan, sehingga jika ada konsumen yang tidak puas dengan produkatau jasa Anda, mereka masih bisa Anda berikan sesuatu penawaran yang lebih menarik sehingga tidak merasa kecewa dengan keputusan yang telah mereka ambil untuk memilih produk Anda. Antara lain, dengan garansi,”Ganti produk yang benar-benar baru–yang tentunya dengan kualitas yang sudah lebih ditingkatkan– dengan syarat-syarat yang dipermudah”.Intinya, jangan membuat konsumen Anda kecewa dengan keputusan yang telah mereka ambil. Yang tidak kalah penting, ketahui dengan lebih bijak apa saja yang sebenarnya masih menjadi kekurangan kita dibandingkan dengan kompetitor.

Selanjutnya, buat hal tersebut sebagai pekerjaan rumah untuk bisa mempelajari kelebihan kompetitor sebagai salah satu acuan untuk melakukan perbaikan yang diperlukan dengan lebih cepat dan lebih baik. Namun,jika memang konsumen telah melirik dan pindah ke kompetitor Anda, saran saya,jangan buru-buru ”patah hati”. Jika masih memungkinkan, berikan secara rutin penawaran yang sangat dahsyat kepada mereka (lewat sistem data base Anda ).

Bisa jadi mereka akan kembali lagi kepada produk/jasa Anda.Karena, bisa saja konsumen Anda baru sebatas coba-coba, belum benar-benar meninggalkan produk/jasa Anda.(*)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar