Sabtu, 08 Januari 2011

BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

Deskripsi Profil Responden
Berdasarkan gambar diatas dapat diketahui bahwa jumlah responden wanita ada 71 orang atau sekitar 54,6%. Sedangkan pria ada 59 orang atau sekitar 45,4%. Dapat simpulkan bahwa mayoritas responden yang menggunakan Bank DKI lebih banyak Wanita. Responden termuda berumur 19 tahun, yang tertua berumur 52 tahun. Responden yang jenjang SMP ada 3 orang atau sekitar 2,3%, responden yang jenjang SMA ada 112 orang atau sekitar 86,2%, responden yang jenjang D3 ada 3 atau sekitar 2,3%, responden yang jenjang S1 ada 12 orang sekitar 9,2%, jadi dapat dikatakan bahwa mayoritas jenjang responden adalah SMA. Dapat diketahui bahwa ada 8 orang atau sekitar 6,2% dari Pelajar, 1 orang atau sekitar 0,8% dari Advertaising, 9 orang atau sekitar 6,9% dari Asistenlab, 87 orang atau sekitar 66,9% dari Karyawan, 8 orang atau sekitar 6,2% dari Staff Keuangan, 16 orang atau sekitar 12,3% dari Wiraswasta, 1 orang atau sekitar 0,8% dari Mekanik.
Dilihat dari pendapatan, ada 4 orang atau sekitar 3,1% yang berpenghasilan Rp 150.000, ada 1 orang atau sekitar 0,8% yang berpenghasilan Rp.400.000, ada 6 orang atau sekitar 4,6% yang berpenghasilan Rp.500.000, ada 2 orang atau sekitar 1,5% yang berpenghasilan Rp.750.000, ada 2 orang atau sekitar 1,5% yang berpenghasilan Rp.800.000, ada 1 orang atau sekitar 0,8% yang berpenghasilan Rp.850.000, ada 12 orang atau sekitar 9,2% yang berpenghasilan Rp.1000.000, ada 1 orang atau sekitar 0,8% yang berpenghasilan Rp.1300.000, ada 40 orang atau sekitar 30,8% yang berpenghasilan Rp.1500.000,
ada 29 orang atau sekitar 22,3% yang berpenghasilan Rp.1700.000, ada 6 orang atau sekitar 4,6% yang berpenghasilan Rp.1800.000, ada 1 orang atau sekitar 0,8% yang berpenghasilan Rp.1900.000, ada 11 orang atau sekitar 8,5% yang berpenghasilan Rp.2000.000, ada 7 orang atau sekitar 5,4% yang berpenghasilan Rp.2500.000, ada 5 orang atau sekitar 3,8% yang berpenghasilan Rp.3000.000 dan ada 1 orang atau sekitar 0,8% yang berpenghasilan Rp.5000.000. sedangkan dilihat dari lama menabung, ada 33 orang atau sekitar 25,4% lama menabung 1 tahun /bulan, ada 45 orang atau sekitar 34,6% lama menabung 2 tahun /bulan, ada 24 orang atau sekitar 18,5% lama menabung 3 tahun /bulan, ada 13 orang atau sekitar 10,5% lama menabung 4 tahun /bulan, ada 3 orang atau sekitar 2,3% lama menabung 5 tahun /bulan, ada 4 orang atau sekitar 3,1% lama menabung 6 tahun /bulan, ada 7 orang atau sekitar 5,4% lama menabung 7 tahun /bulan, dan ada 1 orang atau sekitar 0,8% lama menabung 8tahun /bulan lain-lain.

Pengujian Data

1. Pengujian Reliabilitas dan Validitas
Mengacu dengan pendapat Solimun (2002:71) maka dapat dikatakan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah memiliki kesahihan butir, karena nilai korelasi yang diperoleh masing-masing indikator lebih besar 0,3 (r > 0,3). Kecuali untuk butir pertanyaan L1.4 tidak dapat diikut sertakan untuk dianalisis karena tidak memenuhi syarat r > 0,3.
Merujuk dari pendapat Malhotra (1988) Solimun, (2002: 71) bahwa suatu instrumen dikatakan reliabel manakala memenuhi standar koefisien alpha Cronbach lebih besar dari 0,6 (α > 0.6) maka dapat dikatakan bahwa angka koefisien reliabilitas yang diperoleh sebagaimana pada Tabel 4.2 telah memenuhi syarat reliabilitas, dengan demikian kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini cukup handal dalam mengukur persepsi responden terhadap variabel yang diteliti.






Regresi Linier Berganda

1. Lima Dimensi Servqual Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank DKI Cabang Bekasi.
Dari hasil analisis regresi linier berganda seperti dalam Tabel 4.9 di atas, kemudian dimasukkan ke dalam model persamaan regresi berganda sebagai berikut : Y = 3,046 + 0,481 X1 + 0,339X2 + 0,329X3 + 0,201X4 + 0,310X5. Persamaan tersebut menunjukan, variabel independen yang dianalisis (X1, X2, X3, X4 dan X5) berpengaruh positif terhadap nilai loyalitas nasabah pada Bank DKI Cabang Bekasi.
Besarnya pengaruh variabel independen secara keseluruhan, ditunjukan oleh nilai koefisien Adjusted R Square yaitu sebesar 0,130. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa perubahan kelima variabel independen tersebut mempunyai pengaruh sebesar 13% terhadap variasi perubahan nilai loyalitas nasabah pada Bank DKI Cabang Bekasi. Sisanya sebesar 87% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan. Nilai koefisien korelasi (Multiple-R) yang diperoleh sebesar 0,404, hal tersebut dapat diartikan bahwa hubungan (korelasi) variabel independen (X1, X2, X3, X4 dan X5) terhadap variabel dependen (Y) adalah sebesar 40,4%. Hipotesis pertama dalam penelitian ini adalah, variabel kualitas pelayanan (keandalan, daya tanggap, jaminan, empaty, bukti fisik) secara serempak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank DKI Cabang Bekasi. Untuk menguji apakah hipotesis pertama diterima atau ditolak digunakan uji F.
Dari hasil pengujian diperoleh Sig F 0,000 < α = 0.05, ini berarti ke lima variabel yang diteliti yaitu berwujud (X1), kehandalan (X2), ketanggapan (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) secara serempak berpengaruh signifikan

terhadap loyalitas nasabah pada Bank DKI Cabang Bekasi. Dengan demikian hipotesis pertama yang diajukan dinyatakan diterima atau terbukti kebenarannya, dengan kata lain menerima hipotesis (H1) dan menolak hipotesis (Ho).

2. Rangkuman Hasil
Berdasarkan hasil analisis uji t di atas diketahui bahwa variabel yang berpengaruh relatif dominan secara signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank DKI Cabang Bekasi adalah variabel berwujud (X1) di mana nilai koefisien regresi yang diperoleh sebesar 0,481 pada Sig t sebesar 0,002 < α = 0.05 dengan demikian hipotesis kedua yang diajukan di dalam penelitian ini dinyatakan diterima atau terbukti kebenarannya dengan kata lain menerima hipotesis H1 dan menolak hipotesis Ho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar