PENUTUP
Kesimpulan
Bedasarkan hasil analisis data dari penelitian tersebut, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil pengujian hipotesis, menyimpulkan bahwa berwujud (X1) yang terdiri dari kondisi fisik/fasilitas dalam bank, kenyamanan ruangan dan cara berpakaian karyawan bank; kehandalan (X2) yang terdiri dari sistim pelayanan, kecepatan melayani nasabah, prosedur penanganan nasabah, prosedur penanganan keluhan; ketanggapan (X3) yang terdiri dari ketrampilan pelayan/petugas dalam menanggapi kebutuhan nasabah, kemampuan karyawan/daya tanggap dalam melayani nasabah, kesediaan karyawan menangani keluhan dengan cepat, kemudahan menghubungi karyawan bank; jaminan (X4) terdiri dari sikap yang dimiliki karyawan (ramah, sopan dan murah senyum), jaminan keamanan dan ketenangan, pengetahuan karyawan dalam menangani nasabah, sifat dapat dipercaya karyawan; dan empati (X5) terdiri dari tersedia toilet, tersedianya tempat menunggu, tersedianya brosur-brosur yang dibutuhkan oleh nasabah, tersedianya tempat parkir terbukti berpengaruh serempak terhadap loyalitas nasabah pada Bank DKI Cabang Bekasi, dengan dimana nilai Sig F sebesar 0,000 < α = 0.05.
2. Dari hasil analisis pengujian diketahui bahwa variabel yang berpengaruh relatif dominan secara signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank DKI Cabang Bekasi adalah variabel berwujud (X1) dimana koefisien regresi variabel berwujud sebesar 0,481 dan nilai Sig t sebesar 0.002 < α = 0.05, merupakan nilai tertinggi dari keempat variabel lainnya. Dengan demikian hipotesis kedua yang diajukan di dalam penelitian ini dinyatakan diterima atau terbukti kebenarannya dengan kata lain menerima hipotesis H1 dan menolak hipotesis Ho.
Saran
Beberapa saran terkait dengan hasil penelitian dan usulan penelitian selanjutnya adalah sebagai berikut:
1. Pengaruh dominan yang signifikan variabel berwujud (X1) menunjukkan bahwa variabel tersebut dianggap oleh nasabah lebih berpengaruh terhadap tingkat loyalitas mereka pada Bank DKI Cabang Bekasi. Karenanya disarankan pada manajemen Bank DKI Cabang Bekasi, hal-hal yang berhubungan dengan variabel berwujud hendaknya harus selalu diperhatikan tidak saja dengan kondisi sekarang tetapi di masa yang akan datang secara kontinyu namun model penerapannya harus selalu ditinjau ulang keefektifannya sehingga tidak bersifat monoton yang pada akhirnya akan dianggap oleh nasbah tidak ada kemajuan.
2. Sedangkan untuk variabel jaminan (X4), empati (X5) dan ketanggapan (X3) hendaknya harus dikaji ulang model inplementasinya yang selama ini menjadi kebijakan pihak manajemen Bank DKI Cabang Bekasi. Karena jika dilihat pada hasil pengujian ketiga variabel tersebut tidak memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap loyalitas nasabah pada Bank DKI Cabang Bekasi.
DAFTAR PUSTAKA
Djunaidi, 2006, Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Service
Quality Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan, Jurnal Ilmiah Teknik Industri.
Elfida, Yani, 2004, Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas
nasabah Pt. Bank Sumatera Utara di Medan, Tesis, Prorgam Pasca Sarjana, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Fandy Tjiptono, 2004, Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Febriana, Rini, 2008, Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan
konsumen pada my salon & spa cabang kota Bogor, Skripsi, Universitas Gunadarma, Jakarta.
Fredy Rangkuti, 2003, Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan
Keputusan Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Hartanto, 2002, Studi Asosiatif Tentang Kepuasan Pelanggan Bank BNI Cabang
Tegal”(Studi Kasus Tentang Pengaruh Keandalan dan Daya Tanggap Terhadap Kepuasan Pelanggan), Tesis, Program Pasca Sarjana, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
Haris, 2006, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Tingkat
Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk
Makanan di Restoran Cepat Saji, Skripsi, Universitas Gunadarma
Kotler Philip, 1997, Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan.
Jakarta: PT. Prehalindo.
Palilati Alida, 2007, Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Terhadap Loyalitas
Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Selatan, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, Maret 2007: 73-81
Rizki Rachmawati, 2005, Analisis Pengaruh Kualitas & Pelayanan Jasa
Terhadap Loyalitas Nasabah Bank DKI cabang Universitas
Gunadarma, skripsi, Universitas Gunadarma.
Sugiyono, 2005, Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Suhartanto, 2001, Kepuasan Pelanggan: Pengaruhnya terhadap Perilaku
Konsumen Di Industri Perhotelan. Universitas Gunadarma, skripsi.
Sunarto, 2002, Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah deposito
pada Pt. Bank Mandiri cabang (persero) Semarang Pahlawan, Disertasi, Semarang, FIS UNNES.
Swasta, Basu dan Handoko, Hani T., 1987, Manajemen Pemasaran, Analisa
Perilaku Konsumen, Edisi 2, Liberty, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy, 2000, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Andi Offset,
Yogyakarta.
——————-, 2002, Manajemen Jasa, Andi Offset, Andi Offset, Yogyakarta.
Triton P B, 2006, SPSS 13.0 Terapan Riset Statistik Parametrik.
Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, Husein, 2000, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta Business
ReseachCenter,Jakarta
Sabtu, 08 Januari 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar